Paperbus Legacy Sumber Alam

courtesy of Mr Ponirin Hendi

Sumber Alam, salah satu operator besar dari selatan Jawa Tengah tepatnya dari Kutoarjo Kab. Purworejo. Melayani angkutan antar kota serta merambah juga pada bis charter/pariwisata. Untuk bis malam bertrayek dari Yogyakarta-Jakarta hingga Merak via jalur selatan Jateng. Jenis kelas bis yang tersedia sangat variatif mulai dari ekonomi hingga eksekutif. Untuk angkutan jarak menengah SAC melayani Semarang-Cilacap, serta Jogja-Cilacap/Purwokerto pp.

Ada salah satu yg cukup unik pada bis ini, apa itu? Sebagai pecinta bis mungkin sudah tahu ketika melihat ciri fisik bodi bongsor beroda karet ini. Namun orang awam yang tidak begitu ngerti dunia bis pun bisa nentuin armada Sumber Alam itu jenis mesin serta tahun pembuatannya. Tidak perlu susah-susah melongok plat nomer ataupun pinjam STNK Pak driver, cukup lihat no bodi yang tertera di bagian samping belakang bus.

Di situ akan tertera akan tercantum beberapa dikit pengkodean dan berlaku secara konsisten, misalnya saja: 309244. Dari kode tsb kita bisa tahu bis itu bermesin Hino keluaran tahun 2009 dan merupakan unit armada ke 244 yang dimiliki Sumber Alam. Kok bisa tahu?

Jadi digit pertama adalah kode jenis sasis/mesin yang digunakan, lengkapnya sbb:
5=Dongfeng/Goldra
4=perkasa
3=hino
2=mercy
1=volvo

Untuk 2 digit berikutnya merupakan tahun pembuatan mesin/sasis (09=2009)
Dan digit berikutnya adalah nomor urut armada (244=bis ke-244 yg dimiliki)

Paperbus kali ini akan mengkerdilkan salah satu armada SA berbaju legacy buatan Karoseri Laksana, Ungaran.
Namun mungkin banyak yang agak kecewa lantaran tidak sesuai ekspektasi pengunjung yg budiman karena hanya dibekali sasis hino mesin depan he he…

Ini wujud jadinya, kurang lebihnya loh ya…

 

 

 

 

 

 

 

Sedangkan untuk master polanya bisa didownload di bawah ini ( pass: juprex7R).

 

 

 

Creative Commons License
paperbus by juprex7R is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 3.0 Unported License.
Based on a work at paperbusmodel.wordpress.com.

 

About these ads

17 comments

  1. Ferry

    Siip2. .Kapan jeng SR1 kluar mas?

  2. Markus

    Walaupun FE tetep OK

  3. Tugino Putro

    testimoni skalian usul lagi. . . . boleh gag eeaa?

    * AC denso susah ngrakitnya, tapi kalo dipasang jadi keren bangetz,, serasi ma body..
    * AC thermo king mudah ngrakitnya, tapi begitu dipasang keliatan mungil bangetz..jadi ilfil kalo dipasang dijetbus ma euroliner
    * usulnya ~ mungkinkah ada varian AC lain (sutrak, TK, ND, mark3) yg bisa dibikin??

    *ngapunten kalo kebanyakan usul~slama ini bisanya cuma ndonlod, prin, rakit, eh kalo ada yg kurang sreg “wani usul”..

    • paperbus

      okeh gpp makasih udah stay tune terus…

      Perlu diketahui bahwasanya aku sebenarnya lebih seneng nglayout/bikin polanya tapi paling males kalo udah masuk proses ngrakitnya.. Desain TK emang aku buat bagi yg kurang telaten merakit (aku masuk di dalamnya) krn gampang bgt ngrakitnya he he…meskipun bentuknya kurang proporsional dengan panjang bis. Sepakat AC denso lebih pas (panjang & slim) meskipun relatif lebih susah proses perakitannya. Untuk saat ini kecil kemungkinan ada varian unit AC lain krn keterbatasan untuk proses develop/risetnya. Senang sekali apabila ada yang bersedia membantu tentang spesifikasi dimensi jenis AC tsb d iatas serta beberapa foto referensi untuk bisa dibuat bentuk mininya.

      Jalan tengahnya mungkin perlu ditambah passion lebih lagi utk ngrakit AC Denso, haqul yakin mesti bisa wong terbukti udah ngrakit puluhan unit miniatur…he he

      maaf baru bisa menampung usul

      • Tugino Putro

        oke, makasih atas responnya,,,
        jari jariku tak lemesin dulu biar telaten ngrakit denso

        *ku kan slalu stay tune,, lah aku kan termasuk fbj (fans berat juprex) ~ sejak jaman di gmpro

      • paperbus

        haaisshh….

  4. athaya

    ak cb buat sndri ternyata susah juga ya masterisasi, dah 3 hari g kelar-kelar jg…… salut buat mas arif. Bravo….. tak tggu karya berikutnya mas…………

    • paperbus

      ya begitulah proses masterisasi emang paling lama, perlu trial & rakit beberapa kali sampai ketemu posisi yang pas, ibarat kata bersakit-sakit dahulu. Proses selanjutnya (striping/livery) adalah bersenang-senang kemudian. Itu juga kenapa kok model jetbus paling banyak dibuat, yach karena varian livery jetbus emang paling banyak populasinya di marih…ga sia-sia capek bikin master sebanding dengan varian nantinya yg dihasilkan.

  5. athaya

    sip mas,… maju terus pantang mundur, dtggu RE Legacy nya

  6. mas bro, kapan nih Rosalia Indah yg Legacy RS1 keluar??? ditunggu mas

  7. surono

    mas, kemarin saya nemu gambar Sumber Alam tronton lho! apa itu juga digunakan untuk trayek regular? o.yaa.. Mas! untuk gambar bus rakitannya tak masukin di sini: m.facebook.com/surono.wae.9. maaf, kalau masih kurang rapi.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 30 other followers

%d bloggers like this: