Paperbus Euroliner Gapuraning Rahayu

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Perjalanan panjang mengawali Gapuraning Rahayu sebagai salah satu operator bis di bumi Priangan timur yang masih eksis hingga kini. Awal mula dirintis oleh Alm. H. Moch. Karno sekeluarga pada awal tahun 1977 di Ciamis. Hingga tahun 82 masih berkutat melayani trayek dalam propinsi, Tasik-Cirebon pp. Pada tahun-tahun berikutnya perluasan trayek hingga keluar propinsi mulai dilakukan hingga Jakarta (P.Gadung & Cililitan) serta Merak (Banten), titik awal keberangkatannya pun mulai memasuki area Jawa Tengah (dari Purwokerto). Gebrakan mulai dilakukan ketika kebutuhan akan tingkat layanan yang makin tinggi hingga pada pertengahan 90-an melayani kelas PATAS (cepat non ekonomi). Pada akhir dasawarsa 90, proses regenerasi pun dilakukan kepada generasi kedua. Di bawah kepemimpinan yang baru ini peningkatan manajerial terus terus dilakukan agar mampu berkompetisi dalam persaingan moda transportasi darat yang ketat.

 

Dalam episode ini armada GR akan diminiaturisasi ke varian Euroliner karoseri Rahayu Santosa.

 

 

 

 

 

 

 

 

Untuk mengunduh bisa diklik pada gambar (pass: juprex7R).

 

 

 

 

 

 

 

 

Wasalam

Creative Commons License
paperbus by juprex7R is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 3.0 Unported License.
Based on a work at paperbusmodel.wordpress.com.

41 comments

  1. nuwun sewu mas arif … link-nya belum tersedia …

  2. Ferry

    Siip mas arif..

  3. athaya

    mas arif mhon pencerahannya, cipganti emg lbih kcil ya drpada JB yang laennya… hsilnya terpaut bbrap mili pnjangnya jg tgginya dengan JB laennya….

  4. athaya

    siiip mas…. dtggu ya rosinnya….

  5. Tugino Putro

    nuwun sewu mas arif, ada beberapa uneg2 yg ingin saya sampaikan.
    maaf bila kurang berkenan..

    dari model yg diminiaturkan, legacy kok terlihat yg paling ‘cupu’..kayaknya terlalu ‘bantet’, melebar kesamping..apa memang dimensinya seperti itu yah?
    kok kesannya gagah dan keren aslinya… jetbus dan eurolinernya cakep, gagah seperti wujud aslinya

    sekedar usulan, kalo legacy diubah dikit versi hi deck mungkin gak ya?trus skali2 rear engine, jadi wajah depan biar ‘utuh’.
    dan spertinya kalo diberi spoiler samping ac lebih gagah deh, aku dah mencoba menambahkan

    mungkinkah model scorpion king dibuat papercraft?aku menunggunya lho
    evonext juga. . .

    maaf, uneg2nya kepanjangen n kakean riquest..jangan marah ya, aku bocahmu dw-japemethe dab-

    *note : udah ada 50an papercraft yg aku buat berdasarkan desaine mas arif diwp ini-thanks, terus berkarya mas, smoga sehat slalu*

  6. paperbus

    Matur nuwun atas feedback-nya Kang,

    Legacy keliatan buntet mungkin karena faktor sasinya cuman pake A215, secara dimensi memang lebih pendek dari mesin belakangnya RK maupun OH elektrik. Ditambah lagi lebar bodi laksana terpaut bebrapa centimeter dibandingkan produk Malang namun secara tinggi jelas pendekan legacy. Sebenarnya bisa aja sih lebarnya dimepetin dikit utk mengurangi kesan cubby, cuman dari awal memang aku coba “idealis” tentang ukurannya diskala dr wujud aslinya (lebar 2500mm). Nanti coba dibandingkan dengan sesama produk laksana versi khusus rear enjin yg masih dalam tahap mastering. Untuk spoiler AC akan ditambahkan.

    Model scorking serta evonext sepertinya susah ya, udah ilfil dulu tentang bikin ‘punuk’ atapnya. Atau mungkin ada referensi papercraft evo & scorking yang udah jadi? biar aku jadiin referensi sistem punuknya.

    JIah, 50-an? Kayaknya baru kemarin bikin blog ini masak udah ada 50 varian yah? Boleh kasih liat-liat koleksinya dung, aku malahan kurang dari 10unit (rakit phobia) ha haaai….

    Amin, Kang. Biar bs tambah karya.

    • Tugino Putro

      nuwun atas penjelasannya…

      wah, aku cuma penikmat, sampai skarang memang belum nemu model scoopy n evonext…

      pokoke semua po yang diaplud disini tak cetak, potong, n rakit…kalo jumlah emang dah lebih dari 50, soale ada beberapa po paporit yg tak buat 2-5…mau tak jadiken suvenir

      ehm, kalo dah ngumpul seratusan lah nanti tak apludnya, coz skarang lagi nyari lokasi pemotretan yg cakep…
      *so, tunggu ajah

      • paperbus

        Kemampuan PBM.wp risetnya kurang cihui, klo udah ada punuknya mesti berakhir kelimpungan he he

        cleguk…cleguk…nunggu penampakannya. Disinyalir tidur pindah luar ini, kamar kebak.

  7. Fajar

    Mas pola spion ada ga?

  8. Fajar

    Pola spion mana mas?

  9. Fajar

    maaf mas, saya liat di hp hehe

  10. Danz

    Halo, saya mau nanya nih..maksud jenis PDF itu apa ya? Dan pola ac & spion kok ga ada ya..
    Mohon pencerahannya..

  11. Danz

    Kertas yg bagus untuk di pakai kertas apa ya? Yang pasti kuat dan ga letoy?

    • paperbus

      temen2 banyak yg pake glossy tebal (kurang tau tebalnya)…kalo aku sendiri biasa pake ivory 230gr

  12. Danz

    oh.. Glossy itu jenis kertas foto ya?
    Kalo kertas ivory itu apa bedanya dgn glossy?

    • paperbus

      ya maksudnya glossy photo paper gitu.. ivory biasa untuk percetakan namun finishingnya kalah gloss/mengkilap dibanding photo paper

  13. Danz

    Sip, tak coba isuk..

  14. Danz

    Oh ya, cetak nya bisa pake printer pada umumnya?

  15. mas. bolehkah saya mengusulkan?, coba mas membuat bus omahmlaku,
    Model Bus yang digunakan adalah model Setra Selendang Royal Coach SE buatan Koraseri Bus Adiputro.
    trimakasih mas🙂 sehat selalu.

  16. kalo bikin terminal keren kayanya om
    bagus buat diorama,sayang ane blum bisa build

  17. masalahnya aku kendala di design
    belum bisa ngedesign om….masih asik dengan lipat melipat hehhe

  18. Work in proccess …

    Paperbusmodel GR

    Belum finishing re-coloring potongan kertas dan pasang kaki-kaki ….

    Saya hanya bisa menyampaikan terima kasih kepada Mas Arif … Ini PO menjadi bagian sejarah saya kuliah di Jakarta dari kampung saya di daerah Kabupaten Cilacap.

    *lagi semangat merakit lagi dan upload-upload….

  19. fauzan

    saya mau nanya kalau yg bagus pke kertas apa ya?

  20. Kevin Rico Fernando

    MAs klo buat pke krtas apa ?

  21. sundoroputro

    mantap kang,,, nuwun sekalian ijin download

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: