Paperbus Actor prototipe

 

 

 

 

Beberapa operator bus mengembangkan usaha lain untuk tetap survive. Proses bodi repair (perbaikan bus yang rusak, penggantian beberapa komponen dan aksesoris, hingga modifikasi model bentuk bis) jamak dilakukan inhouse PO yang bersangkutan, dengan motif utama efisiensi biaya tentunya. Selain untuk perbaikan interen, banyak pula PO lain yang mempercayakan perbaikan bisnya di karoseri inhouse tersebut. Kualitas jugalah yang akhirnya menentukan berkembang atau mandegnya sebuah usaha.

courtesy of Pramuji

 

 

 

 

 

Ada beberapa karoseri inhouse yang akhirnya berhasil mandiri menjadi sebuah unit usaha karoseri ‘publik’ yang tidak hanya melulu mengerjakan unit-unit bus ’empunya’. Sebutlah sebuah nama, Tentrem karoseri. Karoseri ini berawal dari karoseri inhouse milik PO Tentrem Malang, operator bus wisata dan bumel dengan jalur layanan Surabaya-Malang dan Tulungagung-Jember. Dengan mengedepankan inovasi & kualitas yang cukup bagus, saat ini produknya Scorpion King telah sejajar dengan karoseri besar lain seperti new armada Magelang, laksana Ungaran, rahayu santosa Bogor, bahkan pesaing sedaerah morodadi prima & adiputro Malang.

courtesy of abeoct

 

 

 

 

 

Pertengahan 2011 karoseri tentrem mengeluarkan model baru, Actor. Model bus yang lebih pas disandingkan dengan mesin depan ini buah karya desainer muda (junior) Tentrem. Tarikan garisnya (bagian depan)cukup agresif, keluar dari pakem yang ada selama ini yang masih main aman dengan tarikan garis moderat. Sebagai apresiasi desain ini, paperbusmodel mencoba menampilkan produk tersebut ke dalam sebuah bentuk seni kertas, papercraft bus. Berikut penampakan prototipe pertama konversi model actor ini ke bentuk paperbus.

 

 

 

 

 

 

Berhubung waktu penulis yang begitu mepet, apalagi di bulan ramadhan ini (ada hubungannya gak sih :D) aku belum sempet trial bentuk aslinya. Jadi bagi Bro Sis semua yang minat untuk merakitnya, mohon hasil jadinya diperlihatkan/ ditag via FB sebagai bahan koreksi, bagian mana saja yang perlu diperbaiki.

sebelumnya matur nuwun

Pola paperbusnya bisa didownload di bawah ini (password: juprex7R)

 

Creative Commons License

paperbus by juprex7R is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 3.0 Unported License.
Based on a work at paperbusmodel.wordpress.com.

30 comments

  1. Ferry

    Mantap mas arif….
    Di tunggu untuk livery yang lain..

  2. Ferry

    Sama mas…lemot bget ni,..

  3. rijal

    wuidiiih nongol juga si actor :matabelo
    manteb kang :thumbup
    siap dirakit
    matursuwun😀

  4. Baru tau nih kalo ada model Actor.., kirain hany Scorpion King

  5. ahmad

    ijin sedot ye om…hehe

  6. rijal

    kang Ajup, actor rakitan ane dah rilis, udah ane tag ke fb sampeyan, monggo caci makinya😀

    • paperbus

      wiikks..dah jadi aja. Aku gbisa buka fb di kantor, modem rumah juga lagi ngadat…ciee malah curcol. Kira-kira ada yg ga pas ato salah gitu? soalnya aku mo naikin yg actor tentrem putih..

  7. mantap mas , kalo model actor itu rata rata buat bis jawa timur yah?

    • paperbus

      kebetulan emang penyebarannya masih di area karoseri (prov. jatim). Tapi kalo bener shantika jadi pake model ini untuk ngeline ke ibukota moga aja banyak PO lain yang tertarik setelah melihat wujud aslinya.

  8. rijal

    ngga bisa liat di fb, monggo dicek disini mas http://i1266.photobucket.com/albums/jj535/rhieei7/edited1.jpg
    belakangnya: http://i1266.photobucket.com/albums/jj535/rhieei7/edited2.jpg

    modelnya perfect kang, ngga ada yg salah
    prototipe ini cuma warna spionnya aja yg beda sebelah, yg spion kanan warnanya masih putih, kayaknya kang ajup lupa ngasih warna, wkwkwk😀

  9. rijal

    malah isunya sih ada operator shelter bis di ibukota yg udah pesen armadanya pake baju Actor ini mas, bermesin AK 215, kita tunggu aja penampakannya.
    next striping tentrem putih sama harjaynya, pas rilis langsung rakit😀

  10. mas buatin harjay actor lagi pengen

  11. di jogja udah ga ada yg jual papercraft

  12. katanya klo pake notebook gk bisa

    • ngapain gabisa, asalkan ada software grafis (eks coreldraw, pshop atau yg lain bisa aja). Yg penting pilih versi software-nya jangan yg terbaru biar ga terlalu berat

  13. makasih mas atas informasinya
    makasih mas atas infonya

  14. mas usul dibuatin scorking,scorjet,sama yg model agak-agak jadul mas kalau ada waktu h.h.h.h.🙂

  15. mksih banyak mas dah bisa

  16. rio050303

    bang tolong buatkan putra mas actor ya !!!!!!!!!!!!!!!!!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: